Powered By Blogger

Jumat, 14 Mei 2010

Resep masakan halal, sehat dan murah (menyiasati tanggal tua ^_^)

Bismillah…..

Sejak beberapa hari yang lalu saya banyak merenung…terutama karena ”tanggal tua“ Sudah tanggal segini, bonus yang dijanjikan perusahaan tidak juga cair…jangankan bonus, gaji saja belum dibayar..wew…. saya lalu berpikir keras bagaimana menyiasatinya ya….apalagi saya sempat tidak makan karena memang uang sudah tandas, habis, bis, bis, bis. Yang saya pikirkan bukan hari ini, tapi nanti kalau sudah berkeluarga dengan kondisi seperti ini pasti lebih sulit. Harus bikin persiapan nih, pikir saya dalam hati.. Akhirnya saya berinisiatif mencari koleksi resep masakan di Internet yang memenuhi kriteria saya yaitu: Halal, Sehat dan…Murah :P Alhamdulillah sekarang sudah terkumpul :) jadi kalau anda juga mencari resep masakan yang halal, sehat dan murah, silahkan dibaca :)

Nasi gurih kaldu ceker dan ceker masak kecap

Bahan:
500 gr beras
10 buah ceker ayam
1 batang sereh
2 siung bawang putih
5 lembar daun salam
1 sdm peres garam
1 ruas jari jahe
Air secukupnya
1 Sdt bubuk kaldu ayam

Cara membuat:
Cacah bawang putih, goreng hingga berwarna kekuningan, sisihkan
Geprek sereh dan jahe sisihkan
Rebus air , caker ayam, sereh dan jahe hingga mendidih.
Masukkan beras, bawang putih goreng, garam dan daun salam, masak hingga air habis (seperti aron nasi biasa), dinginkan. Pisahkan ceker ayam.
Panaskan dandang, kukus hingga matang.
Untuk ceker, tumis 1 siung bawang putih masukkan ceker, beri air 250 ml, masak hingga ceker lembut dan air asat, setelah air asat tambahkan ½ sdt garam, sedikit bubuk kaldu ayam, dan kecap. Aduk-aduk hingga rata, siap di hidangkan bersama Nasi kaldu ceker.

Nah sekali masak sudah dapat nasi yg lebih bergizi, dibandingkan sarapan atau makan siang hanya dengan nasi putih dan kerupuk saja, lebih bergizi nasi kaldu ceker ini, dimakan tanpa lauk pun sudah cukup memadai.

Sekarang kita coba menyiasati tempe dengan membuat sambal tempe, beda dengan orak-arik tempe loh.

Jika satu lempeng tempe yg harganya dari Rp. 1.000,- menjadi Rp. 1.500,- atau Rp. 2000,- jika kita jadikan tempe goreng hanya dapat 5 potong tempe goreng untuk sekali makan, tapi dengan kita buat sambal tempe bisa untuk 2 kali makan, cukup mengirit kan?

Juga untuk tahu, 10 buah tahu yg kecil jika kita jadikan tahu goreng saja hanya mendapat 10 potong tahu goreng untuk sekali makan. Jika kita buat perkedel tahu bisa menjadi 20 potong dan dapat untuk disajikan 2 waktu makan (makan siang dan makan malam).

Coba kita estimasi biaya masakan sederhana, misal hari ini rencana masak sambal tempe, semur ati ampela kentang dan sup sayur. Dengan asumsi belanja di tukang sayur yg lewat depan rumah saja ya?

Bahan-bahan yang dibeli:
Tempe 1 keping Rp.1.500,-
Ati Ampela 2 pasang Rp.2.500,-
Sup per bungkus Rp.1500,- beli 2 bungkus Rp.3.000,-
Bahan sambal (tomat Rp.500, Cabe Rp.1000, bawang merah & putih Rp.1.500)
Rebon asin Rp.1000,-
Bubuk kaldu ayam Rp.400,-
Total belanja Rp.11.400,-

Coba kita olah belanja hari ini ya :

Sup sayur kaldu ati ayam

Cara membuat :
Tumbuk kasar 2 siung bawang putih dan 1 siung bawang merah, dan iris tipis 1 ruas jari jahe. Tumis bumbu tersebut hingga harum, masukkan ati ampela, masak hingga berubah warna, beri garam. Tambahkan air secukupnya , masukkan wortel, rebus hingga mendidih. Masukkan buncis, masak hingga setengah matang. Masukkan daun kol dan daun bawang seledri, masak hingga matang. Ambil Ati dan ampela dari sayur sop, sisihkan .

Semur ati ampela dan kentang

Cara membuat:
Haluskan 1 siung bawang putih dan bawang merah, tumis hingga harum, tambahkan air secukupnya. Masukkan daun salam, 1 ruas jahe di geprek, kecap manis, garam dan sedikit air asam jawa. Masukkan potongan kentang (kentang kita ambil dari paket sup tadi), didihkan. Masukkan potongan ati ample ayam + bubuk kaldu ayam, masak hingga bumbu meresap. Selesai sudah semur ati ampela ayam.

Sambal Tempe

1 keping tempe
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
3 buah cabai merah
½ sdt gula
½ sdt garam
1 sdm rebon asin

Cara membuat :
Potong kecil tempe, goreng hingga kering/atau setengah kering.
Goreng sebentar, cabe merah, bawang merah dan bawang putih, dan rebon asin
Haluskan cabe merah, bawangmerah, bawang putih, rebon, gula dan garam.
Masukkan tempe, tumbuk kasar bersama bumbu halus.

Selesai sudah masakan kita hari ini, sisa bumbu dan rebon bisa kita manfaatkan untuk masak esok hari.

Coba kita belanja lagi ya? Rencana masak Perkedel/Gadon tahu, Sayur Lodeh dan Sambal Terong
Tahu kecil isi 10 Rp. 2.500,-
Sayur asam 1 bungkus Rp. 1.000,- beli 2 bungkus jadi Rp. 2.000,-
Santan kara siap pakai yg kecil Rp. 1.500,-
Bumbu dapur Rp. 500,- (biasa isinya, sereh, daun salam, dan lengkuas)
Terong Rp. 1.500,- (bumbu u terong, bisa pakai sisa bumbu untuk sambal belanja kemarin)
Telur 2 buah Rp.1.500,-
Bubuk kaldu ayam (pakai sisa kemarin)
Total belanja Rp.9.500,-

Yuk kita buat masakan untuk hari ini.

Perkedel tahu atau gadon tahu.

Cara membuat :
Hancurkan tahu, masukkan garam, bubuk kaldu, dan telur, aduk rata.
Jika ada tepung terigu dan 1 buah wortel bisa ditambahkan dalam adonan (wortel sebaiknya di potong panjang kecil halus atau parut kasar).
Goreng perkedel tahu dengan cara membulatkannya menggunakan 2 sendok atau masukkan 1 sendok makan adonan ke daun pisang (buat seperti gadon), kukus hingga matang.

Sayur Lodeh

Cara membuat:
Bersihkan semua sayur, pisahkan sesuai dengan keras atau lunaknya sayur.
Haluskan bawang merah 3 siung, bawang putih 2 siung, 4 buah kemiri dan 1 sdt penuh udang rebon. Tumis hingga harum, sisihkan.
Geprek 1 batang serai dan cuci bersih 4 helai daun salam, sisihkan
Rebus melinjo bersama air secukupnya hingga mendidih, masukkan labu siang yg dipotong kecil dan jagung manis, rebus hingga setengah matang, masukkan kacang panjang, garam & gula pasir secukupnya dan bumbu halus yg telah ditumis, sereh dan daun salam. Rebus hingga kacang panjang matang. Terakhir masukkan daun kol, daun melinjo dan santan, kecilkan api dan aduk-aduk sayur jangan sampai santan pecah. Siap dihidangkan.

Terong masak pedas

Cara membuat:
Bersihkan terong, potong menjadi 4 bagian setiap satu buah terong.
Haluskan, 10 buah cabe merah,2 siung bawang putih, 3 siung bawang merahdan 2 buah tomat ukuran kecil , sisihkan.
Geprek 1 ruas jari lengkuas , sisihkan.
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan terong, tambahkan 300 cc air, garam + gula halus + bubuk kaldu ayam secukupnya, aduk rata. Masukkan lengkuas dan daun salam. Masak hingga air asat dan terong matang. Siap dihidangkan.

Masakan yg kita buat untuk keluarga kecil yang terdiri dari Ayah, Ibu, 2 anak . Jika anggota keluarga lebih banyak, sebaiknya tambahkan sayurnya, misalnya : sayur lodeh tadi kita tambahkan lagi labu siam, daun kol yg harganya relatif murah. Atau kita tambahkan terong pada sambal terong.

Harga bahan-bahan yang kita belanja tadi tidak disemua tempat sama ya? Itu asumsi yang dibuat jika berbelanja di tukang sayur yang selalu menghampiri setiap hari. Jika kita punya dana yg memadai dengan belanja sekaligus untuk 4 hari dipasar tradisional atau di pasar induk, harga yg didapat tentu saja lebih murah .

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))